• Waspada Kosmetik Berbahaya Disekitar Anda

    Posted on December 2, 2016 by in Kecantikan

    Sudah sewajarnya jika seorang wanita untuk selalu ingin tampil cantik, putih mulus tanpa noda. Karena itu industri yang bergerak dibidang kecantikan akan selalu mengeluarkan inovasi terbaru terkait produk kecantikan. Mulai dari perawatan wajah, perawatan kulit dll, karena industri kecantikan tak akan pernah padam alias akan selalu berkembang seiring dengan permintaan pasar dan kemajuan teknologi. Dari sekian banyak produk kecantikan, cream pemutih wajah lah yang paling banyak diminati. Mengapa? karena banyak wanita berpikiran bahwa cantik itu identik dengan putih mulus. Ditambah lagi banyak iklan yang menjejali pikiran wanita untuk tampil putih bersih dengan aneka ragam cream pemutih, suntik putih, serum, hingga operasi kulit.

    Belum lagi kini banyak cream pemutih wajah aneka merk (bahkan ada yang tanpa merk) yang beredar di dunia maya. Beberapa diklaim sebagai cream racikan dokter. Dengan iklan bombastis yang mengklaim dapat memutihkan wajah/kulit dalam sekejap, banyak wanita yang tergiur dan akhirnya membeli produk tersebut. Akhirnya produk tersebut laku keras di pasaran, padahal kandungan dalam kosmetik tersebut belum terbukti aman untuk digunakan.

    Sekedar informasi, tidak semua kosmetik berbahaya memberi efek langsung terhadap kulit. Memang ada yang yang langsung bereaksi ketika memakai kosmetik berbahaya ini, antara lain kulit gatal dan kemerahan. Tapi kebanyakan kosmetik yang ilegal tersebut akan memberikan dampak pada pemakaian jangka panjang. Kulit anda mungkin akan terlihat semakin bagus, bersih, tidak alergi dan tidak kemerahan. Tetapi pemakaian jangka panjang justru akan membahayakan kesehatan anda, terutama organ dalam. Perlu tahunan untuk melihat efek buruknya.

    Apakah anda akan menunggu selama itu untuk membuktikan bahwa kosmetik yang anda pakai berbahaya?

    Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya

    Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya

    Dua dari Enam Sampel Cream Pemutih Wajah Ini Terbukti Berbahaya

    Maret 2014 lalu, Sucofindo Pharmaceutical Laboratories di Cibitung, Bekasi Jawa Barat melakukan penelitian terhadap produk  cream pemutih wajah. Dengan mengambil enam sampel yang sedang laris manis di pasaran, mereka menguji tingkat keamanan keenam sampel kosmetik tersebut. Sampel tersebut bermerk W, V, F, S, O dan B. (sumber:tribunnews.com)

    Hasilnya sangat mengejutkan. Dua dari enam sampel tersebut, yaitu V dan F terbukti mengandung zat kimia berbahaya dengan kandungan tinggi. Cream pemutih wajah F yang merknya tidak terlalu terkenal, yang berani sesumbar bebas dari bahan barbahaya seperti merkuri dan hidroquinnon ternyata terbukti mengandung racun kimia merkuri sebesar 0,11 persen dan hidrokuinon 0,13 persen. Sedangkan sampel bermerk V adalah produk yang sudah lama di pasaran dan dikenal oleh masyarakat luas, tapi sudah tidak gencar dipromosikan. Sampel V ini positif mengandung racun hidrokuinon sebesar 0,15 persen. Dari enam sampel cream pemutih wajah, dua diantaranya positif mengandung merkuri dan hidroquinnon.

    Nah, jika kosmetik terkenal saja positif mengandung zat berbahaya (meskipun  tidak bisa dipukul rata), bagaimana dengan kosmetik murah meriah yang bahkan merk-nya saja belum pernah kita dengar?

    Pernahkah sesekali anda menanyakan ingredient/kandungan kosmetik yang anda beli (jika di kemasannya tidak mencantumkan ingredient)?

    Atau jika produk tersebut mencantumkan No. BPOM, pernahkah anda mengeceknya kembali di situs resmi BPOM?

    Waspada Kosmetik Berbahaya

    Waspada Kosmetik Berbahaya

    Waspada Kosmetik Berbahaya

    Jika dicermati, selain aneka cream pemutih wajah murah meriah dengan merk yang asing di telinga yang laris manis di pasaran, juga banyak beredar kosmetik yang mengklaim organic dan natural. Mungkin mereka memang menggunakan bahan alami  seperti guanine yang diperoleh dari sisik ikan laut, tapi nyatanya banyak yang menggunakan zat kimia berbahaya berkali-kali lipat dibandingkan dengan bahan alaminya.

    Yang anda harus tahu adalah, zat-zat tersebut selain merusak kulit, juga menganggu kesehatan jika digunakan dalam jangka waktu lama. Diantara zat-zat tersebut bahkan bersifat karsinogenik (zat yang bisa menyebabkan kanker) dan digunakan oleh produsen karena relatif murah.

    Meskipun demikian, tidak semua kosmetik yang murah berarti tidak aman. Ada beberapa kosmetik murah (herbal) tapi aman digunakan karena terdaftar di BPOM. Yang perlu kita lakukan hanya sedikit lebih ekstra selektif dalam memilih kosmetik yang aman. Biasakan untuk mengecek no BPOM kosmetik anda di situs resmi BPOM, apakah benar-benar terdaftar atau tidak. Biasakan juga untuk mengecek ingredient dalam kosmetik tersebut, karena bisa jadi kosmetik tersebut aman tapi malah berbahaya bagi anda, karena ternyata anda alergi terhadap salah satu bahan tersebut.

    Sedikit ekstra selektif tidak masalah kan ladies? Yang penting kesehatan kulit dan tubuh anda terjamin. Untuk mengetahui ciri-ciri kosmetik yang mengandung zat kimia berbahaya, anda bisa membaca artikel saya tentang 8 ciri-ciri cream pemutih berbahaya. Mudah-mudahan dapat menjadi bekal bagi anda dalam memilih kosmetik.

    Info Terkait:

    kandungan kimia kulit timun, tafsir mimpi 3d mentimun, kandungan kimia pada ketimun, buku mimpi 4d timun, kandungan kimia dari mentimun, Buku seribu mmpi bergambar timun, kandungan kimia rendaman jerami, kandungan yang ada di dalam mentimun, Mentimun 2, tafsir angka mimpi beli timun