• Peluang Bisnis Budidaya Jamur

    Posted on March 30, 2016 by in Tanaman

    Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis atau usaha budidaya jamur, maka artikel dari blog mentimun.com ini sangat bermanfaat bagi Anda…

    Menurut BPS (Badan Pusat Statistik), konsumsi sayur masyarakat Indonesia pada tahun 2002 tercatat hanya sebesar 30,8 kg/kapita/tahun. Sementara Badan Pangan Internasional (FAO) menyatakan bahwa jumlah konsumsi sayuran untuk memenuhi standar kesehatan adalah sebesar 65 kg/kapita/tahun. Dari data tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa jumlah konsumsi sayuran oleh masyarakat Indonesia bahkan belum mencapai separuhnya dari rekomendasi FAO, sehingga hal ini menciptakan peluang dalam usaha budidaya sayur-mayur dan dalam kesempatan ini kita khususkan pada budidaya jamur yang masih terbuka lebar.

    Pertumbuhan konsumsi jamur di dunia juga semakin meningkat, berbanding dengan pertumbuhan penduduk dunia dan pola konsumsi masyarakat dunia. Negara-negara yang mempunyai konsumen besar dalam hal konsumsi jamur diantaranya adalah negara Amerika Serikat (AS), Kanada, Jerman, Jepang, Hongkong, Belgia, Inggris, Belanda, dan ltalia. Rata-rata konsumsi jamur per kapita penduduk Kanada dan negara-negara Eropa melebihi 1,5 kg/kapita/tahun, sedangkan konsumsi rata-rata penduduk Inggris dan AS masing-masing sekitar 1 kg/kapita/tahun dan 0,5 kg/kapita/tahun.

    Tidak hanya melihat pasar luar negeri, di tingkatan lokal sendiri, peluang bisnis budidaya jamur juga sangat potensial.

    Budidaya Jamur

    Budidaya Jamur

    Sebagai gambaran, di salah satu kota besar Indonesia, yaitu Bandung, salah satu petani jamur yang berorientasi hanya untuk kebutuhan jamur di tingkat lokal, mampu menghasilkan produksi jamur sebanyak 200 kg/minggu, padahal petani tersebut memiliki langganan 10 catering skala menengah yang membutuhkan pasokan hingga 2000 kg/minggu, sehingga terjadi kekurangan pasokan yang harus diambil dari petani lainnya.

    Lantas, bagaimana dengan permintaan jamur di kota-kota lain di indonesia?

    Permintaan jamur di kota Bogor, Jakarta, Sukabumi dan beberapa kota sekitar Bandung lainnya di perkirakan telah mencapai 10-15 ton/hari dan permintaan tersebut semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan estimasi peningkatan sebesar 20%-25%.

    Data yang telah kami uraikan tersebut masih hanya untuk produk jamur segar yang belum diolah ke bentuk yang lain, jika diikutkan dengan permintaan untuk produk jamur yang telah diolah menjadi produk siap konsumsi, maka pemintaan pasar akan menjadi lebih tinggi lagi.

    Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis untuk budidaya jamur  masih sangat terbuka lebar, sehingga bagi Anda yang baru memulainya atau mungkin sedang mencari peluang bisnis budidaya tanaman, maka peluang ini adalah kesempatan emas yang tidak boleh Anda sia-siakan.

    Info Terkait:

    gambar akar dan biji mentimun, artikel budidaya mentimun, Gambar budidaya ketimun, MEWARNAI TIMUN, timun hongkong, bahasa latin mentimun jepang, gambar timun hongkong