• Khasiat Dan Manfaat Terbaik Mentimun Untuk Kesehatan

    Posted on September 14, 2015 by in Timun

    Mentimun adalah sayuran yang mengandung banyak air dan rasanya renyah, bagi sebagaian orang, mentimun biasanya digunakan sebagai lalapan saat makan nasi. Kalori yang terdapat pada mentimun sangat rendah, makanan super ini pun ampuh meredakan kolesterol, sehingga tidak akan ada masalah jika dikonsumsi sesering mungkin.

    Mentimun mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, dan mentimun atau biasa disebut juga dengan timun/ketimun merupakan makanan yang rendah lemak jenuh, kolesterol dan sodiyn. Mentimun juga mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, C, K, asam pantotenan, magnesium, kalium, karbohidrar, folat, seng dan fosfor. Tidak hanya sampai disitu, bahkan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk diet seimbang, terdapat dalam sayuran ini.

    Semua nutrisi tersebut sangat berguna bagi kesehatan tubuh, bahkan dapat mengobati penyakit serta dapat meningkatkan proses kekebalan tubuh. Bukan cuma itu, mentimun juga mengandung berbagai manfaat kesehatan lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh.

    Irisan Mentimun

    Irisan Mentimun

    Apa saja manfaat mentimun yang perlu Anda ketahui? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini:

    1. Mengobati diabetes. Mentimun dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit termasuk diabetes. Karena nutrisi dan vitamin dalam mentimun bisa mengurangi kadar kolesterol serta menurunkan darah tunggu dan membunuh lemak penyebab diabetes. Kalium dan magnesium juga mampu memaksimalkan kesehatan serta stamina tubuh. Penderita diabetes bisa menikmati mentimun sambil mendapatkan manfaatnya, yaitu meningkatkan produksi insulin yang bertugas mengontrol kadar gula darah.
    2. Mengobati asam urat. Jika Nevfrenz mempunyai masalah asam urat atau masalah sendi lainnya, cobalah mengkonsumsi mentimun yang kaya vitamin A, B1, B6, C, D, Kalium, Kalsium dan Magnesium yang dipercaya mampu mengatasi gejala asam urat.
    3. Menurunkan Resiko kanker. Kanker merupakan penyakit mematikan sangat ditakuti oleh semua orang. Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya resiko kanker, konsumsi mentimun secara teratur sebagai perawatan alami. Beberapa penelitian menjelaskan kandungan lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol dalam mentimun, dapat mencegah tubuh terkena kanker payudara, kanker rahim, prostat dan ovarium.
    4. Mengatasi bau mulut. Bau mulut dapat mengurangi rasa percaya diri dalam berbicara dengan orang lain. Gunakanlah mentimun untuk mengatasinya. Cukup ambil sepotong mentimun lalu tekan pada langit-langit mulut menggunakan lidah selama 30-60 detik. Mentimun dengan phytochemicals dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.
    5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan air yang melimpah dalam mentimun memiliki sifat anti racun dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.
    6. Mencegah dehidrasi. Jika Anda tak punya banyak waktu karena kesibukan sehingga sering lupa untuk minum air, coba makan mentimun yang mengandung 96 persen air demi mencegah dehidrasi.
    7. Mengatasi panas dalam dan luar. Coba makan mentimun ketika tubuh menderita heartburn, selain itu, kulit terbakar matahari juga bisa diatasi dengan masker mentimun.
    8. Mengusir racun dan memperbaiki ginjal. Seluruh kandungan air dalam mentimun sifatnya seperti sapu yang mengusir racun dari dalam tubuh dan menyehatkan ginjal. Karena mentimun mampu menurunkan kadar asam urat dalam sistem, kesehatan ginjal pun akan tetap terjaga.
    9. Menurunkan berat badan. Seperti yang sudah disebutkan, makan mentimun adalah salah satu cara ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Nikmati mentimun dalam bentuk salad dengan taburan yogurt, itu adalah camilan terbaik yang lezat dan menyegarkan untuk menurunkan berat badan Anda.
    10. Menyegarkan mata. Meletakkan irisan mentimun di atas mata yang lelah bukan cuma mampu menyegarkannya, namun juga membuat penampilan mata menjadi lebih cantik.
    11. Melancarkan pencernaan. Mengunyah mentimun adalah olahraga yang baik bagi rahang, bukan cuma itu, serat dalam mentimun juga membantu tubuh melancarkan pencernaan.
    12. Baik bagi rambut dan kuku. Silika, mineral dalam mentimun membuat rambut dan kuku tumbuh kuat dan bersinar.
    13. Mengatasi nyeri otot. Seluruh vitamin dan mineral dalam mentimun menjadi obat yang paling ampuh untuk mengatasi nyeri otot dan nyeri sendi.
    14. Menstabilan tekanan darah. Penderita tekanan darah tinggi maupun rendah biasanya mengonsumsi mentimun agar tekanan darah kembali stabil.

    Itulah berbagai Khasiat dan Manfaat Terbaik Mentimun untuk Kesehatan yang harus Anda ketahui. So, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi dan menikmati mentimun dan rasakan manfaat bagi kesehatan Anda!

    Info Terkait:

    proposal mentimun, manfaat bio hsa untuk mata, apakah timun mengandung asam urat, Apakah mentimun dapat mengobati penyakit diabetes terimakasih, produksi ketimun, mentimun obat kuat, masker timun dan yogurt, timun mas untuk darah tinggi, jus timun boleh tidak untuk diabetes, ketimun untuk atasi kolesterol dan asam urat