• Budidaya Mentimun? Coba Timun Harmony, Terbukti Tahan Virus & Penyakit!

    Posted on September 21, 2015 by in Timun

    Anda ingin mencoba memulai budidaya tanaman Mentimun atau biasa juga dikenal dengan nama Timun/Ketimun? Jika iya, maka ada baiknya Anda mencoba membudidayakan jenis bibit/benih Timun Harmony… Namun sebelum menyajikan informasi lebih jauh tentang timun harmony, ada baiknya Anda membaca informasi berikut ini:

    Mentimun adalah tanaman sayuran buah yang bentuknya panjang silindris dengan bentuk beragam tergantung varietasnya, memiliki akar berbentuk tunggang dan berair, batang lunak dan berair, daun berbentuk bulat dengan ujung daun runcing berganda, berbulu halus dan tulang daun menjari.

    Faktanya, mentimun adalah golongan sayuran murah meriah dan mudah didapat sepanjang musim, dimana mentimun merupakan sayuran nomor 4 yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan tubuh.

    Timun Harmony

    Timun Harmony

    Tanaman ini bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi berasal dari daerah subtropis. Pada mulanya tanaman timun tumbuh liar di lereng gunung Himalaya dan sebagian terdapat di Afrika, kemudian timun menyebar kenegara-negara Asia dan kini telah menyebar ke seluruh dunia.

    Ancaman yang biasanya menyerang tanaman mentimun adalah virus CMV (Cytomegalovirus), virus SqMV (Squash mosaic virus), juga penyakit kresek (downy mildew), namun sudah sudah ada beberapa varian tanaman mentimun yang terbukti tahan terhadap serangan virus dan penyakit tersebut, salah satu diantaranya adalah timun harmony yang merupakan salah satu varian bibit unggul tanaman mentimun dan saat ini sedang menangkap gelombang respon petani yang besar.

    Nah, berdasarkan informasi yang telah tersaji diatas, maka berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh timun harmony, sehingga Anda layak untuk mencoba membudidayakan varietas tanaman mentimun ini:

    • Pertumbuhan tanaman timun harmony kuat dan seragam
    • Tanaman timun harmony menghasilkan buah mentimun yang besar dan lurus
    • Dapat dibudidayakan pada kondisi pengairan yang kurang sempurna
    • Buah berwarna hijau tua, seragam dan tidak pahit
    • Dimensi buah rata-rata, panjang 23 cm dengan diameter 4,5 cm
    • Berat buah hasil panen rata-rata 270 gram/buah
    • Umur panen lebih kurang 32 hari setelah pindah tanam
    • Potensi hasil buah adalah 5-6 kg/tanaman.

    Untuk kebutuhan benih mentimun per hektar jika Anda ingin mulai mencoba budidaya timun harmony, maka kebutuhannya adalah 750-800 gram benih per hektar lahan.

    Demikian informasi mengenai Timun Harmony yang sudah terbukti tahan terhadap serangan virus dan penyakit yang sering menyerang tanaman mentimun. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai budidaya tanaman mentimun!

    Info Terkait:

    benih timun terbaik, jenis mentimun unggul, bibit timun unggul, tulang daun mentimun, timun dayak, sayuran yang berasal dari akar, Timun harmony, budidaya timun harmony, bentuk daun mentimun, Budidaya timun unggul