• Apakah Benar Mentimun Bisa Obati Kanker Dan Diabetes?

    Posted on September 14, 2015 by in Timun

    Banyak sekali pertanyaan tentang khasiat mentimun untuk mengobati kanker dan diabetes… Berikut kami coba menyajikan fakta menarik tentang khasiat dan manfaat mentimun untuk obati kanker dan diabetes…

    Mentimun adalah buah yang sering dikonsumsi sebagai lalapan, kadang juga dibuat sebagai acar. Mentimun telah terbukti bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Namun saat ini, studi baru telah membuktikan bahwa mentimun ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker dan diabetes. Rasa pahit yang terkandung pada mentimunlah yang membuat jenis sayuran ini bermanfaat untuk menyembuhkan kanker dan diabetes.

    Rasa pahit tersebut tidak hanya terkandung pada mentimun, namun juga dapat ditemukan pada labu, melon dan semangka. Rasa pahit disebabkan oleh senyawa yang disebut cucurbitacins. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga tepat jika dijadikan sebagai lalapan dan bisa dimakan kapan pun dan dimana pun.

    Seperti dikutip Boldsky, kandungan air dalam mentimun hampir 96 persen. Padahal mentimun mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang lebih sedikit daripada buah-buahan dan sayuran lainnya, namun, mentimun memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mau tahu mengapa mentimun bisa dimanfaatkan sebagai obat kanker dan diabetes? Berikut alasannya.

    Mentimun Hijau dan Mentimun Kuning

    Mentimun Hijau dan Mentimun Kuning

    Pahit
    Mentimun memiliki rasa pahit yang diatur oleh dua sifat genetik, Bi dan Bt. Bi mendukung penyebaran rasa pahit ke seluruh bagian tanaman, dan Bt menjadikan rasa pahit pada buah. Kandungan senyawa tersebut bersifat obat dan mampu menyembuhkan.

    Lignan
    Pada mentimun ditemukan tiga bagian lignan yang sangat berguna untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker. Salah satu lignan, Pinoresinol, telah membuktikan dapat mengurangi pertumbuhan sel-sel leukemia.

    Cucurbitacin
    Cucurbitacin dihasilkan melalui sembilan gen teridentifikasi dimana terdapat dua faktor transkripsi yang mengaktifkan sembilan gen tersebut. Cucurbitacin merupakan sumber utama dalam mentimun yang dinilai efektif untuk menyembuhkan penyakit kanker dan diabetes.

    Saponin
    Pada mentimun ditemukan kandungan saponin yang berguna seperti obat alami untuk diabetes. Senyawa tersebut mampu memperluas jaringan, sehingga memungkinkan insulin dan glikogen untuk masuk ke dalam sel. Saponin dapat bermanfaat untuk menekan kadar gula dalam urine serta mendorong lemak untuk larut dalam jaringan. Inilah yang menyebabkan mentimun baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

    Mentimun dalam diet
    Ditemukan banyak Kalium, vitamin K dan vitamin C dalam mentimun. Karena kandungannya yang rendah karbohidrat, sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Faktanya, sayuran ini merupakan jenis sayuran terbaik yang digunakan untuk diet sehat, baik itu disajikan sebagai salad atau jus.

    Demikian informasi tentang Mentimun untuk Obati Kanker dan Diabetes, semoga bermanfaat…

    Info Terkait:

    manfaat timun mas, kasiat timun mas, pertanyaan tentang mentimun, bagian yang dimanfaatkan dari mentimun, manfaat mentimun bagi penderita diabetes, pertanyaan mentimun, pertanyaan tentang budidaya mentimun, buah mentimun dapat dimanfaatkan untuk mengobati, pertanyaan tentang timun, bagian yang di makam mentimun